Thursday, October 10, 2019

Silaturahim Salah Satu Kunci Rezeki






Oktober 2019, SMA Cendekia Muda mengadakan sidang tertutup sebagai bentuk pertanggung jawaban siswa dalam melakukan projek selama tiga minggu. Tema yang diangkat mengenai projek kali ini adalah "No Poverty and Zero Hunger" didasarkan pada SDGs (Sustainable Development Goals). Pada kesempatan ini, Alhamdulillah, kami ditemani Bapak Parlan, STP., sebagai salah satu dewan penguji. Beliau merupakan asisten dosen Bapak Bambang Nurhadi, STP, M.Sc., Ph.D., dosen ternama Teknologi Pangan UNPAD. Pada projek ini, siswa MIPA diminta untuk berkarya dengan produk makanan.


Di sela-sela kesibukan sebagai penguji, saya dan Pak Parlan, berdiskusi banyak mengenai pangan dan kimia, khususnya keterkaitan antara bahan kimia dengan modifikasi pada bahan pangan. Saya yang saat ini berkecimpung juga di dunia perkelincian bersama CV. Kaboa Pilar Cakrawala mengembangkan beberapa formula yang dapat membantu kelinci lokal tumbuh dengan pesat signifikan dan terhindar dari penyakit juga stress, mendapatkan beberapa ilmu baru dalam modifikasi pangan yang dapat diterapkan pada formula pakan dan menjadi bahan uji yang saya cari selama ini.

Selain itu, beliau juga dengan senang hati membantu dalam riset lebih lanjut pada formula termasuk supply bahan kimia yang cukup sulit ditemukan di pasar bebas. Hal ini tentu menjadi peluang besar untuk saya dalam mengembangkan produk formula.

Pertemuan kami ini tidak hanya melahirkan poin tambah pada siswa SMA Cendekia Muda dalam mengembangkan produk tapi juga saya secara pribadi dalam pengembangan bisnis formula. Siapa sangka, pertemuan singkat kami ini dapat memunculkan ide pada formula dan sebuah kerja sama.

Silaturahim bukan sekedar pertemuan tapi rezeki yang luar biasa jika didalamnya terdapat kalimat yang bermanfaat.





0 comments:

Post a Comment